Jumat, 11 April 2014

UEFA: Courtois Boleh Main Lawan Chelsea


Thibaut Courtois (Foto: REUTERS)

                           Thibaut Courtois (Foto: REUTERS)


NYON - Thibaut Courtois menjadi sorotan utama ketika undian semifinal Liga Champions mempertemukan Atletico Madrid kontra Chelsea. Kiper internasional Belgia ini terancam tidak bisa tampil di laga bergengsi tersebut.

Courtois diketahui merupakan kiper Chelsea yang saat ini tengah menjalani masa pinjaman di Atletico. Dan, dalam klausul yang terjalin di antara kedua kubu, Courtois diperbolehkan bermain untuk Atletico saat melawan Chelsea, apabila kubu Los Colchoneros membayar uang senilai 8 juta euro ke Chelsea. Jika tidak, maka Courtois tidak bisa bermain.

Klausul ini rupanya mendapat perhatian serius dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Badan sepakbola yang dipimpin Michel Platini ini menilai, perjanjian tersebut illegal dan tidak memiliki kekuatan hukum. Intinya, UEFA memperbolehkan Courtois tampil melawan klubnya.

“Liga Champions dan Peraturan Disiplin UEFA mengandung ketentuan-ketentuan yang jelas dan ketat yang melarang setiap klub untuk mengerahkan pengaruh ke klub lain untuk melarang salah satu pemain tampil dalam sebuah pertandingan,” demikian penjelasan UEFA di situs resminya seperti dikutip Football-Espana.

”Oleh karena itu, ketentuan dalam kontrak pribadi antara klub-klub yang mungkin berfungsi sedemikian rupa untuk mempengaruhi siapa yang diturunkan klub dalam pertandingan, adalah batal dan tidak dapat dilaksanakan sejauh sang pemain masih bersangkutan dengan UEFA,” sambungnya.

Jika Chelsea tetap keukeuh melarang Courtois tampil atau memungut bayaran dari Atletico jika menurunkan Courtois, maka UEFA menyebut hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran. Kubu The Blues pun dipastikan bakal dikenakan sanksi.

Leg pertama babak semifinal Liga Champions akan dimainkan pada 22-23 April 2014. Atletico akan lebih dulu menjamu Chelsea di Estadio Vicente Calderon. (CHG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar