Senin, 15 September 2014

Cakar Garuda Gasak Harimau Malaya

Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor 2-0 (Foto: Heru Haryono/Okezone)Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor 2-0 

SIDOARJO – Harimau Malaya atau Malaysia akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hamka Hamzah dkk mampu menumbangkan rival abadinya tersebut dengan skor 2-0 dalam laga bertajuk persahabatan ini.

Masing – masing gol diciptakan oleh gol bunuh diri Muslim Ahmad di menit 63 dan tandukan Samsul Arif di menit 88, memanfaatkan umpan silang Tony Sucipto. Dua gol untuk dua kekalahan beruntun Malaysia, ya, sebelumnya Malaysia yang diarsiteki Dollah Salleh juga kalah oleh Tajikistan (8/8/2014) dengan skor 4-1.

Babak Pertama

Setelah bermain tanpa gol melawan Yaman, Alfred Riedl merotasi susunan pemainnya melawan Malaysia. I Made Wirawan berdiri sebagai penjaga gawang, menggantikan Kurnia Meiga. Pun begitu di lini depan, Cristian ‘El Loco’ Gonzalez digantikan oleh Samsul Arif dan didampingi oleh Irfan Bachdim.

Sementara Malaysia yang ditangani oleh Dollah Salleh. Dalam pertandingan keduanya ini, menggantikan K. Rajagopal, bermain tanpa bomber andalan tim yang mengenal atmosfer sepakbola Indonesia, Safee Sali. 

Sejak awal pertandingan, stadion Gelora Delta, Sidoarjo sudah disuguhkan permainan dengan intensitas tinggi, dimana kedua tim menekan sejak awal pertandingan. Norshahrul bahkan hampir membuka keunggulan untuk Malaysia di menit ketiga.

Beruntung bola sepakannya hanya membentur mistar gawang. Peringatan tentunya untuk pertahanan Indonesia dalam mengantisipasi serangan balik cepat para pemain Harimau Malaya (julukan Malaysia).

Serangan berganti dilakukan Indonesia, namun serangan masih cenderung dibangun terburu-buru dan tanpa arah yang jelas. Selain itu, para pemain Indonesia masih gampang kehilangan bola di 10 menit pertama ini.

Indonesia kembali harus kehilangan Dedi Hartono di menit ke-11. Usai berbenturan dengan pemain Malaysia, Dedi Hartono tak dapat melanjutkan pertandingan dan digantikan oleh Anindito Wahyu Erminarno.

Serangan di babak pertama ini cenderung berkutat di lini tengah kedua tim, dan kedua tim mengandalkan kecepatan saat melakukan serangan balik. Belum ada peluang berarti yang membuat kedua penjaga gawang harus terbang melakukan penyelamatan hingga menit 40 ini.

Tak ada gol hingga paruh waktu pertama, dan kedudukan pun tetap sama 0-0. Dua kartu kuning telah dikoleksi oleh pemain di masing-masing klub, Bachdim mendapatkannya di menit 37, sementara kapten Malaysia, Shukor Adan mendapatkannya di menit 43’.

Babak Kedua

Tempi pertandingan menurun di awal babak kedua ini. Kedua tim silih berganti mencoba untuk membangun serangan dengan perlahan. Berjalan hingga menit 58, belum ada peluang berarti yang dihasilkan kedua tim.

Manuver berbahaya dilakukan Samsul Arif di menit 60. Sayang setelah melewati satu dua pemain, ia memilih untuk mengoper bola kepada Bachdim ketimbang langsung menyepak bola itu sendiri. Bachdim yang menerima bola tersebut, hanya dapat menendang bola dengan lemah menuju Abdul Kadir.

Gol! Indonesia unggul di menit 63, melalui gol bunuh diri Muslim Ahmad. Kredit diberikan kepada Rizky Pora yang overlap menusuk dari sisi kanan pertahanan Malaysia, dan memberikan crossing ke tengah kotak penalti. Bola mengenai kaki Muslim Ahmad dan meluncur ke dalam gawang timnya sendiri. 1-0 Indonesia membuka keunggulan.

Tertinggal, Malaysia kembali menaikkan intensitas serangan. Namun duet M. Roby dan Hamka Hamzah masih kokoh di lini pertahanan Garuda Indonesia, skor 1-0 masih bertahan hingga menit 77’.

Samsul Arif! Kembali penyerang Arema Malang ini unjuk gigi kepada Riedl, untuk memilihnya ketimbang Cristian Gonzalez. Pada menit 79, Samsul Arif menunjukkan kualitasnya dengan menyundul bola yang datang melalui tendangan bebas Firman Utina. Beruntung bola masih dapat ditepis Abdul Kadir.

Samsul Arif benar-benar menjadi momok pertahanan Malaysia di pertandingan ini setelah berkali-kali melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Malaysia, kali ini di menit 88’ ia dapat mengkonversinya menjadi gol. Kredit diberikan kepada Tony Sucipto yang memberikan umpan silang terukur. 2-0 Indonesia sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan atas Malaysia.

Susunan Pemain:

Indonesia: Made Wirawan; Zulkifli Syukur, M Roby, Hamka Hamzah (C), Dedi Hartono (Anindito Wahyu Erminarno 11’ – Supardi Nasir 86’); Rizki Pora (Tony Sucipto 77’), Hariono, Zulham Malik Zamrun, Irfan Bachdim (Firman Utina 63’), Ahmad Bustomi (Hendro Siswanto 70’), Samsul Arif (Cristian Gonzales 93’).

Malaysia: Abdul Kadir; Bunyamin Umra, Shukor Adan (C) (Safiq Rahim 66’), Muslim Ahmad, Azamuddin Akil (Indra Putra Mahayuddin 69’), R Gopinathan (Kunanlan Subramaniam 46’), Nohsharul Idlan Talaha (Safee Sali 84’), Amri Yahyah (Ahmad Saarani 77’), Azmi Muslim, Mohd Ezrie, Mohd Afif Amiruddin
(
CHG3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar