Kamis, 20 Maret 2014

Manajemen MU Mulai Pertimbangkan Pergantian Pelatih?

Van Gaal Saat melatih Bayern Muenchen

MANCHESTER – Performa Manchester United yang merosot drastis musim ini, di segala ajang dalam komando gaffer anyar tim, David Moyes. Membuat manajemen Setan Merah ‘gerah’ dan mulai meragukan kepelatihan pria Skotlandia berusia 50 tahun tersebut.

Disinyalir ESPN, yang mendapatkan informasi dari sumber terdekat klub, Selasa 18 Maret 2014, manajemen United mulai mempertimbangkan prospek memecat Moyes. Keluarga pemilik klub, Malcolm Glazer masih mendukung Moyes, namun ide untuk memecat pelatih asal Skotlandia itu tetap berkembang seiring penampilan Nemanja Vidic dkk yang terus menurun.

Sumber tersebut, juga mengungkapkan Minggu depan akan menjadi pekan krusial untuk Moyes ‘menyelamatkan dirinya’. Penilaian dimulai sejak kalah dari Liverpool, Minggu malam kemarin, melawan Olympiacos di leg kedua Liga Champions, Kamis dini hari besok dan dua pertandingan berturut-turut melawan West Ham United dan Derbi Manchester di Premier League.

Kontrak Moyes yang berdurasi enam tahun, dan seharusnya bertahan hingga tahun 2019. Dapat saja diputus, jika eks pelatih Everton tersebut tak menunjukkan perubahan di United. Keraguan Moyes melanjutkan kepemimpinannya di United, bukan karena alasan masa transisi yang selalu diperbincangkan.

Namun menurut sumber terdekat klub, keraguan muncul dari keadaan finansial United yang terancam ditinggal sponsor dan iklan yang selama ini telah bekerjasama. Mereka mulai tidak berminat untuk melanjutkan kerjasama, karena khawatir reputasi klub sebagai klub tersukses di Inggris dan dunia, ‘tercemar’ akibat penurunan performa ini.

Tidak hanya itu, prospek dan proyek jangka panjang tim terancam, jika Setan Merah tak turut serta bermain di Liga Champion untuk musim depan. Tidak hanya secara finansial, namun juga secara nama klub sebagai ‘brand’ terdepan dunia bersama Real Madrid.

Masih dari sumber terdekat klub, kabar dipecatnya Moyes semakin berhembus, saat eks pelatih tersukses United, Sir Alex Ferguson tidak lagi mendukung Moyes di jajaran manajemen klub. Pelatih Belanda saat ini, Louis van Gaal berpotensi untuk mengisi ‘kursi panas’ kepelatihan United.


Artikel menuntut Alex Ferguson mundur dari jabatannya, tahun 1987 (Foto: Ist)

Sedikit bernostalgia, kejadian yang dialami Moyes di masa transisi ini seperti yang dialami Ferguson, di awal mula karir kepelatihannya bersama United tahun. Melatih Setan Merah tahun 1986, perkembangan tim tidak terlihat hingga tahun 1987 dan akhirnya Jimmy Greaves, seorang pundit sepakbola yang bekerja di televisi membuat artikel, dengan judul “Fergie Must Go”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar