Rabu, 12 Februari 2014

Jelang Arsenal vs Man.United : RvP atau Ozil yang Bersinar?

CIANJUR - Arsenal dan Manchester United akan melakoni salah satu pertandingan terpentingnya di musim ini. Hasil dari bentrok di Emirates bisa jadi bakal mempengaruhi hasil akhir kedua tim.

Kedua tim melakoni laga big match di pekan ke-26 Premier League ini dengan kondisi yang tidak ideal. Mental mereka tengah anjlok lantaran hasil negatif di laga terakhirnya. United secara dramatis dipaksa bermain imbang tim juru kunci Fulham (2-2), sedangkan Arsenal dibuat malu Liverpool yang membantai mereka 1-5 di Anfield.

Hasil di atas membuat duel dini hari nanti WIB, bakal sangat penting buat kedua tim. Arsenal butuh tiga poin untuk kembali merebut takhta klasemen yang direbut Chelsea, sementara United butuh poin maksimal demi menjaga asa untuk mendapatkan satu tiket Liga Champions musim depan.

Arsenal saat ini berada di urutan dua klasemen dengan koleksi 55 poin, terpaut dua angka dari Chelsea yang semalam ditahan imbang WBA. Sedangkan United masih tercecer di urutan tujuh dengan 41 poin atau terpaut 9 angka dari Liverpool di posisi empat.

Pemain Kunci
Untuk mendapatkan poin penuh, masing-masing tim pastinya membutuhkan penampilan terbaik. Bintang-bintang mereka pun diharapkan mampu menunjukkan kapasitasnya. Arsenal masih berharap pemain termahalnya Mesut Ozil kembali ke puncak performanya, sementara Setan Merah bertumpu pada ketajaman Robin van Persie.

Ozil yang sempat bersinar di awal musim, kini mulai menunjukkan penurunan performa. Di delapan laga terakhir, Ozil gagal mencetak gol dan hanya mencetak dua assist. Bandingkan dengan delapan laga awal di mana ia sukses mencetak dua gol dan lima assist .

Laga kontra Liverpool, akhir pekan kemarin, menjadi penampilan terburuknya sejauh ini. Playmaker Timnas Jerman itu menjadi sosok utama dibalik dua gol The Reds, dia juga sangat minim berkontribusi dalam penyerangan. Laga ini menjadi momen yang tepat bagi Ozil untuk kembali bangkit dan menunjukkan dirinya pantas dihargai mahal.

Berbeda dengan Ozil, RvP justru tengah menunjukkan ketajamannya. Meski harus absen di mayoritas laga United sejauh ini karena cedera, Van Persie tidak kehilangan sentuhannya di depan gawang.

Dia mencetak tiga gol di tiga laga terakhir, dan juga mencetak gol pada pertemuan pertama kedua tim. Dari total 13 laga yang dilakoninya di musim ini, RvP mengoleksi 10 gol. Mantan bintang Arsenal ini pun diharapkan bisa terus melanjutkan performa apiknya.

Kondisi Skuad
Arsenal menghadapi masalah yang cukup pelik di lini tengah. Sejumlah pemain harus absen. Mathieu Flamini harus menjalani sanksi larangan tampil di tiga laga. Rekrutan anyar, Kim Kallstrom juga belum bisa main karena cedera. Begitu juga dengan Abou Diaby dan Aaron Ramsey. Beberapa pemain lain yang juga harus absen lantaran problematika cedera ialah, Theo Walcott dan Tomas Vermaelen.

Dengan kondisi ini, Wenger kemungkinan bakal menurunkan Tomas Rosicky dan Jack Wilshere untuk mengawal lini tengah. Sedangkan posisi Theo Walcott akan diisi Alex Oxlade Chamberlain.

Di kubu United, Phil Jones mungkin sudah bisa masuk dalam starting line-up setelah pulih dari cedera ketika melawan Stoke City, dua pekan lalu. Namun, Marouane Fellaini, Luis Nani, Rio Ferdinand, Tom Cleverley dan Jonny Evans dipastikan absen karena masih dibebat cedera.

Absennya Ferdinand akan kemungkinan bakal diisi Chris Smalling. Di lini depan, Van Persie sudah pasti akan jadi ujung tombak. Dia akan ditopang Wayne Rooney dan Juan Mata serta Adnan Januzaj di lini kedua.

Prediksi: 50 – 50

Perkiraan skuad:
Arsenal (4-2-3-1):
 Szczesny, Sagna, Koscielny, Mertesacker, Gibbs, Rosicky, Wilshere, Chamberlain, Ozil, Cazorla, Giroud

Man.United (4-2-3-1): De Gea, Rafael, Smalling, Vidic, Evra, Fletcher, Carrick, Januzaj, Mata, Rooney, Van Persie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar